Pengembangan Koperasi MD Menggunakan Pola Manajemen Secara Teratur Guna Mencapai Kesejahteraan Anggota


ABSTRAK


Objektif : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian koperasi, pengertian manajemen koperasi, rapat anggota, pengurus, pengawas, manajer, pendekatan sistem, dan interprestasi koperasi MD.

Teknik Analisis : Teknik analisis data yang saya gunakan adalah analisis konten.

Sumber Data : Kajian ini mencakup informasi dari sumber-sumber terpilih melalui website koperasi MD dan sumber-sumber lainnya.

Metode Penelitian : Metode penelitian ini adalah deskriptif yang menggambarkan tentang pengertian koperasi MD, unsur sosial koperasi MD, perangkat organisasi menurut UU No. 25/1992, rapat anggota, pengurus, manajer, pendekatan sistem pada koperasi MD dan interpretasi koperasi MD. Analisa dengan cara pengumpulan data dan perbandingan serta pengambilan inti.

Hasil : Berdasarkan penelitian yang saya lakukan, koperasi MD sesuai dengan pengertian koperasi menurut Paul Hubert Casselman, unsur sosial terkandung dalam prinsip koperasi, definisi manajemen menurut Stoner, perangkat organisasi menurut UU No. 25/1992, rapat anggota, pengurus, pengawas, manajer, pendekatan sistem dan interpretasi dari koperasi sebagai sistem.

Kesimpulan : Koperasi MD merupakan koperasi simpan pinjam yang membantu perempuan perpendapatan rendah dalam pemenuhan modal usaha dengan tujuan untuk mensejahterakan para anggotanya dalam meningkatkan taraf hidup keluarganya. Koperasi MD memulai program keuangan mikro mereka di Aceh untuk membantu para korban musibah tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2005. Koperasi MD memulai program replikasi Grameen Bank dengan badan hukum Yayasan melalui (YAMD). YAMD sendiri berdiri sejak pertengahan 2004 dengan tujuan membangun LKM di Indonesia yang besar, profesional dan berkelanjutan. Koperasi MD dimiliki oleh anggota dan kegiatan koperasi dilakukan oleh para anggotanya dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan anggotanya khususnya kaum perempuan dan masyarakat. Koperasi MD memiliki pengurus yang akan membantu mengembangkan koperasi dengan tugas pengurus yang pusat pengambil keputusan tertinggi dan menentukan berhasil tidaknya suatu koperasi. Koperasi MD memiliki pengawas dengan tugas melakukan pengawasan dan pemeriksaan pada tata kehidupan koperasi. Koperasi MD merupakan pimpinan utama dari kantor, semua hal yang berkaitan dengan kepentingan kantor adalah tanggung jawabnya yang nantinya akan langsung dipertanggungjawabkan.

BAB VI

Tujuan dan Fungsi Koperasi

 

Pengertian Manajemen dan Perangkat Organisasi

 

Pengertian Koperasi

 

Definisi Paul Hubert Casselman dalam bukunya berjudul “ The Cooperative Movement and some of its Problems” yang mengatakan bahwa : “Cooperation is an economic system with social content”. Artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi dengan melandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.


Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan yang dikemukakan oleh Paul Hubert Casselman karena koperasi MD melakukan kegiatan koperasi berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi yang berazaskan koperasi di mana mengandung unsur sosial. Koperasi MD merupakan koperasi simpan pinjam yang membantu perempuan perpendapatan rendah dalam pemenuhan modal usaha dengan tujuan untuk mensejahterakan para anggotanya dalam meningkatkan taraf hidup keluarganya. Tidak adanya jaminan berupa barang serta mudahnya proses dalam mengajukan pinjaman menjadikan Koperasi MD sebagai lembaga pilihan para perempuan. Koperasi MD berperan sebagai penyedia kebutuhan layanan non-keuangan masyarakat berupa pelatihan kesehatan, memotivasi pendidikan, dan pengelolaan keuangan keluarga. Beberapa produk telah diluncurkan mulai dari pembiayaan pendidikan, air dan sanitasi, alat rumah tangga dan lain sebagainya. Koperasi MD senantiasa menjalankan program sosial secara terprogram dan terstruktur, sebagai perwujudan dari kepedulian serta tanggung jawab terhadap masyarakat.”

 

Unsur sosial yang terkandung dalam prinsip koperasi lebih menekankan kepada hubungan antar anggota, hubungan anggota dengan pengurus, tentang hak suara, cara pembagian dari sisa hasil usaha dan sebagainya seperti yang dapat kita lihat dalam:

  • Kesamaan derajat yang diwujudkan dalam “one man one vote” dan “no voting by proxy”.
  • Kesukarelaan dalam keanggotaan
  • Menolong diri sendiri (self help)
  • Persaudaraan/kekeluargaan (fraternity and unity)
  • Demokrasi yang terlihat dan diwujudkan dalam cara pengelolaan dan pengawasan yang dilakukan oleh anggota.
  • Pembagian sisa hasil usaha proporsional dengan jasa-jasanya.

"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan unsur sosial di atas karena koperasi MD yang adil membuat semua anggota memiliki hak suara dan kesempatan yang sama. Langkah untuk memastikan perlakuan karyawan yang adil dan hormat. Koperasi MD menjalin sifat kesukarelaan dalam simpan pinjam salah satunya simpanan sukarela. Sukarela menjadi anggota dan netral terhadap aliran serta agama. Koperasi MD memberikan harapan kepada kaum perempuan berpendapatan rendah untuk berkembang serta memiliki kemandirian dalam menciptakan peluang menambah penghasilan keluarganya. Koperasi MD diawali dengan mengadakan pertemuan umum. Dengan mengundang beberapa para pemuka masyarakat, kepala kampung, serta seluruh masyarakat baik itu kaum perempuan maupun laki-laki. Pada saat itu pula di jelaskan secara umum tentang seperti apa kegiatan koperasi MD. Koperasi MD memulai program keuangan mikro mereka di Aceh untuk membantu para korban musibah tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2005. Koperasi MD dalam RAT sebagai tempat dimana menilai dari jumlah tabungan serta kekompakkan dalam kelompok untuk saling membantu. Koperasi MD dalam pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara sama dan sesuai proposionalnya. Koperasi MD merupakan koperasi simpan pinjam yang berbasis syariah baik penghimpunan maupun pembiayaan dana."


Definisi Manajemen menurut Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.


"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan Stoner karena koperasi MD memiliki strategi untuk meningkatkan keunggulan bersaing, koperasi MD memiliki tim survey fungsinya untuk melihat apa saja yang dibutuhkan masyarakat dengan cara turun langsung ke lapangan sehingga nantinya koperasi MD akan mengadakan produk baru untuk meningkatkan kualitas produk. Selain itu, koperasi MD juga selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang baik terhadap anggotanya, agar mereka nyaman dengan pelayanan yang koperasi MD berikan dan koperasi MD juga harus memiliki tingkat pendekatan dan komunikasi masyarakat yang baik. Konsep strategi yang di lakukan koperasi MD yaitu dengan cara melakukan pemetaan terhadap masalah-masalah dan kebutuhan-kebutuhan anggota baru dari situlah koperasi MD mengambil kesimpulan untuk menghasilkan produk apa yang dibutuhkan masyarakat."

 

Pengertian Manajemen Koperasi

Menurut Prof. Ewell Paul Roy, Ph.D mengatakan bahwa manajemen koperasi melibatkan 4 unsur (perangkat) yaitu:

  1. Anggota
  2. Pengurus
  3. Manajer
  4. Karyawan merupakan penghubung antara manajemen dan anggota pelanggan 

"Menurut saya, koperasi MD tidak sesuai dengan 4 unsur menurut Prof. Ewell Paul Roy, Ph.D karena koperasi MD memiliki unsur atau perangkat dalam manajemen koperasinya, yaitu rapat anggota, manajer, anggota, dan karyawan. Koperasi Md sebagai lembaga keuangan mikro tentu saja tidak terlepas dari manajemen yang dilakukan dengan baik."


Sedangkan menurut UU No. 25/1992 yang termasuk Perangkat Organisasi Koperasi adalah:

  1. Rapat anggota
  2. Pengurus
  3. Pengawas

"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan menurut UU No. 25/1992, karena koperasi MD memiliki perangkat organisasi, yaitu pengurus, pengawas dan ditambah dengan penasihat serta komite audit."


Rapat Anggota

  • Koperasi merupakan kumpulan orang atau badan hukum koperasi. 
  • Koperasi dimiliki oleh anggota, dijalankan oleh anggota dan bekerja untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat.
  • Rapat anggota adalah tempat di mana suara-suara anggota berkumpul dan hanya diadakan pada waktu-waktu tertentu.
  • Setiap anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Seorang anggota berhak menghadiri rapat anggota dan memberikan suara dalam rapat anggota serta mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus baik di luar maupun di dalam rapat anggota. Anggota juga harus ikut serta mengadakan pengawasan atas jalannya organisasi dan usaha koperasi.


"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan pernyataan diatas karena koperasi MD memulai program replikasi Grameen Bank dengan badan hukum Yayasan melalui (YAMD). YAMD sendiri berdiri sejak 28 juni 2004 dengan tujuan membangun LKM di Indonesia yang besar, profesional dan berkelanjutan. Koperasi MD dimiliki oleh anggota dan kegiatan koperasi dilakukan oleh para anggotanya dengan tujuan untuk mencapai kesejahteraan anggotanya khususnya kaum perempuan dan masyarakat. Koperasi MD mengadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) pada tahun 2018 dengan dihadiri 829 peserta. Terdiri dari dewan penasehat, dewan pengawas, dewan pengurus, komite audit, dan keuangan KOMD, ketua KOMD, direktur dan staf KOMD dan perwakilan anggota KOMD dari 12 provinsi tujuannya untuk menyampaikan pencapaian KOMD selama periode 2018, melaunching produk baru dan pemberian penghargaan kepada anggota serta staf yang berprestasi. Koperasi MD memiliki struktur organisasi yang berguna untuk pembagian kerja bagi karyawan. Setiap karyawan bertanggung jawab dalam divisinya masing-masing serta berpartisipasi guna mencapai tujuan yang sama. Pelayanan karyawan mempengaruhi tingkat kepercayaan anggota sehingga koperasi MD memiliki efektivitas yang baik bagi koperasinya. Pelayanan yang berupa keuangan dan non keuangan yaitu simpan pinjam, pelatihan kesehatan, memotivasi pendidikan, dan pengelolaan keuangan keluarga."


Anggota secara keseluruhan menjalankan manajemen dalam suatu rapat anggota dengan menetapkan:

  1. Anggaran dasar
  2. Kebijaksanaan umum serta pelaksanaan keputusan koperasi
  3. Pemilihan/pengangkatan/pemberhentian pengurus dan pengawas
  4. Rencana kerja, pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya
  5. Pembagian SHU
  6. Penggabungan, peleburan, pembagian dan pembubaran koperasi.


Pengurus

  • Pengurus koperasi adalah orang-orang yang bekerja di garis depan, mereka adalah otak dari gerakan koperasi dan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu koperasi.
  • Tugas dan kewajiban pengurus koperasi adalah memimpin organisasi dan usaha koperasi serta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai dengan keputusan-keputusan rapat anggota


"Menurut saya, koperasi MD memiliki pengurus yang sesuai dengan pernyataan di atas karena pengurus koperasi MD sebagai pusat pengambil keputusan dan pemimpin dalam organisasi serta laporan dalam pengelolaan. Koperasi MD memberikan pelayanan berupa pelatihan kesehatan dan pengelolaan keuangan."

 

Menurut Leon Garayon dan Paul O. Mohn dalam bukunya “The Board of Directions of Cooperatives” fungsi pengurus adalah:

  1. Pusat pengambil keputusan tertinggi
  2. Pemberi nasihat
  3. Pengawas atau orang yang dapat dipercaya
  4. Penjaga berkesinambungannya organisasi
  5. Simbol


"Menurut saya, koperasi MD memerlukan seperti pernyataan diatas agar dapat memajukan koperasinya sesuai dengan lingkup keberadaan. Koperasi MD memiliki pengurus yang akan membantu mengembangkan koperasi dengan tugas pengurus yang pusat pengambil keputusan tertinggi, pemberi nasihat, pengawasan/orang yang dapat dipercaya, penjaga berkesinambungan organisasi, dan lainnya. Koperasi MD menyediakan pelayanan salah satunya berupa memotivasi pendidikan."

 

Pengawas

  • Tugas pengawas adalah melakukan pemeriksaan terhadap tata kehidupan koperasi, termasuk organisasi, usaha-usaha dan pelaksanaan kebijaksanaan pengurus, serta membuat laporan tertulis tentang pemeriksaan.

  • Pengawas bertindak sebagai orang-orang kepercayaan anggota dalam menjaga harta kekayaan anggota dalam koperasi.

"Menurut saya, koperasi MD memiliki orang-orang kepercayaan untuk menjaga dan mengawasi kegiatan-kegiatan yang penting serta pemeriksaan dalam tata kehidupan koperasi dan membuat laporan tertulis. Koperasi MD melakukan pencatatan dan pemeriksaan pada saat membuat laporan."

  • Syarat-syarat menjadi pengawas yaitu:
  1. Mempunyai kemampuan berusaha
  2. Mempunyai sifat sebagai pemimpin, yang disegani anggota koperasi dan masyarakat sekelilingnya. 
  3. Dihargai pendapatnya, diperhatikan saran-sarannya dan iindahkan nasihat-nasihatnya.
  4. Pengawas bertindak sebagai orang-orang kepercayaan anggota dalam menjaga harta kekayaan anggota dalam koperasi.
  5. Seorang anggota pengawas harus berani mengemukakan pendapatnya.
  6. Rajin bekerja, semangat dan lincah.


"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan syarat pengawas diatas, karena koperasi MD dalam pemilihan pengawas secara adil dan transparan dalam rapat anggota yang sesuai dengan syarat diatas."


Manajer

 

Peranan manajer adalah membuat rencana ke depan sesuai dengan ruang lingkup dan wewenangnya; mengelola sumberdaya secara efisien, memberikan perintah, bertindak sebagai pemimpin dan mampu melaksanakan kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi (to get things done by working with and through people).

 

"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan pernyataan diatas, karena peranan manajer dalam koperasi MD merupakan pimpinan utama dari kantor, semua hal yang berkaitan dengan kepentingan kantor adalah tanggungjawabnya yang nantinya akan langsung dipertanggungjawabkan. Berikut beberapa tugas atau wewenang sebagai berikut :

  1. Mengawasi serta melakukan koordinasi dari kegiatan operasional
  2. Memimpin kegiatan pemasaran
  3. Memonitor segala kegiatan operasional
  4. Memantau prosedur operasional manajemen resiko
  5. Melakukan pengembangan kegiatan operasional
  6. Melakukan observasi dan penilaian terhadap kinerja karyawan
  7. Memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan"

Pendekatan Sistem pada Koperasi

 

Menurut Draheim koperasi mempunyai sifat ganda yaitu:

  1. Organisasi dari orang-orang dengan unsur eksternal ekonomi dan sifat-sifat sosial (pendekatan sosiologi).
  2. Perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar (pendekatan neo klasik).


"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan pernyataan diatas, karena koperasi MD merupakan organisasi dari orang-orang berdasarkan unsur eksternal dan sifat-sifat sosial dapat dilihat dari membantu korban kaum perempuan pada saat tsunami aceh 2005 silam."

 

Interprestasi dari Koperasi sebagai Sistem

 

Kompleksitas dari perusahaan koperasi adalah suatu sistem yang terdiri dari orang-orang dan alat-alat teknik. Sistem ini dinamakan sebagai Socio technological system yang selanjutnya terjadi hubungan dengan lingkungan sehingga dapat dianggap sebagai sistem terbuka, sistem ini ditujukan pada target dan dihadapkan dengan kelangkaan sumber-sumber yang digunakan.

 

"Menurut saya, koperasi MD sesuai dengan interpretasi dari koperasi sebagai sistem karena koperasi MD pada tahun 2010 adalah tahun keterlibatan mendalam. Pada tahun 2010, KOMD menugaskan sebuah peringkat sosial dan mendapat nilai wajar. Pada tahun 2010, koperasi MD mengadopsi alat Progress Out of Poverty Index (PPI), yang merupakan alat untuk memantau tingkat kemiskinan klien. Koperasi MD mulai mengelola PPI setiap tahun, dengan semua kliennya. Koperasi MD mampu mengumpulkan, menganalisis, dan melaporkan data kepada manajemen secara teratur."

 

 

Sources :

 

KIMODA. (2009) Koperasi MD. [Online] Available from : http://md.com/[Accessed : 5 Oktober 2020]

 

MAKER. (2004) Koperasi MD. [Online] Available from : https://mk/partners/KMD/[Accessed : 5 Oktober 2020]

 

Imra, Inda. (2012) Mengatasi Kredit Di Kantor Pusat KMD. [Online] Available from : http://bilgib.hanus.id [Accessed : 12 November 2020]

 

Satuti, Tupup Tri. (2017) Strategi Pengembangan KMD. [Online] Available from : http://repository.niukjt.id [Accessed : 12 November 2020]

 

Nama : Nadia Risnawati

Kelas : 2EB01

NPM : 24219615

Mata Kuliah : Ekonomi Koperasi

Comments

Popular Posts