Flowchart

Tugas Pengantar Komputer & TI 2A



Flowchart kegiatan membuka rekening di Bank hingga menabung di Bank


Disusun Oleh :

Nadia Risnawati  24219615

Kelas  1EB01


Sebagai Pengumpulan Kuis Melalui V-Class.


Dosen
Bu Amelia Belinda Silviana

Fakultas Ekonomi 
Jurusan Akuntansi

Universitas Gunadarma


Pendahuluan

Diagram Alur / Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya.

Saya Menjelaskan Urutan Pembukaan Rekening Tabungan secara Flowchart

Prosedure Pembukaan Rekening Tabungan 


o   Calon nasabah datang ke Bank dan menghubungi Customer  Service
o   Customer Service melayani calon nasabah dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:
1.     Memberikan penjelasan yang bersifat penting atau brosur - brosur yang ada kepada calon nasabah yang bersangkutan mengenai ketentuan tentang simpanan
2.     Setelah calon nasabah memahami dan menyatakan kesediaannya untuk membuka rekening, selanjutnya Customer Service meminta tanda bukti pengenal diri berupa KTP/SIM/Paspor asli beserta fotokopi KTP/SIM/Paspor sebanyak 2 lembar
3.     Khusus untuk pembukaan rekening badan usaha/group/yayasan maka calon nasabah harus menyertakan fotokopi akte pendirian badan usaha tersebut

o   Selanjutnya Customer Service menyiapkan formulir formulir berupa:
1.     Formulir aplikasi pembukaan rekening model CIF 01-A, APL-01 untuk diisi dan ditandatangani oleh calon nasabah sesuai dengan identitas diri masing masing
2.    Formulir Data Nasabah memiliki fungsi untuk mengetahui data diri nasabah, jenis rekening yang akan dibuka, fasilitas yang tersedia akan dipergunakan atau tidak
3.     Kartu Contoh Tanda Tangan (KCTT)
4.     Formulir tanda setoran untuk setoran awal (slip penyetoran)
5.     Buku Tabungan

o   Calon nasabah selanjutnya dipersilahkan untuk mengisi dan menandatangani atau cap jempol formulir tersebut, pengisian formulir ini dapat dibantu oleh Customer Service.
o   Setelah formulir tersebut diisi dan ditandatangani atau dicap jempol oleh calon nasabah, selanjutnya Customer Service melaksanakan hal hal sebagai berikut:
1.     Menginput data yang telah diisi oleh nasabah untuk mendapatkan nomor rekening bagi calon nasabah yang bersangkutan
2.     Setelah mendapatkan nomor rekening, dicatat kembali pada kartu sub buku besar

o   Customer Service melanjutkan formulir yang telah dipersiapkan sebelumnya kepada pejabat bank yang berwenang untuk meminta persetujuan pembukaan rekening dan meng “approve” data yang telah diinput oleh Customer Service sebagai tanda persetujuan

o   Pejabat bank menerima formulir formulir dari Customer Service dan meneliti kebenaran pengisiannya apabila sudah benar pejabat bank menandatangani formulir tersebut serta mengembalikan pada Customer Service

o   Customer Service menerima pengembalian formulir tersebut kemudian menyerahkannya pada Teller

o   Teller menerima dan melakukan kegiatan antara lain:
1.     Menerima tanda setoran dari Cusstomer Service
2.     Memanggil nasabah untuk menerima uang setoran awal dari nasabah
3.     Teller menghitung jumlah uang dan menimpan uang tersebut dalam cash box
4.     Mencatat transaksi tersebut ke dalam komputer serta memvalidasi slip setoran dan mencetak pada buku tabungan serta menandatangani slip setoran sebagai signer
5.     Meneruskan tanda setoran pada Customer Service

o   Customer Service menandatangani semua lembar setoran pada kolom yang tersedia kemudian mengembalikan lembar pertama dan kedua tanda setoran kepada teller

o   Teller menyerahkan :
1.     Lembar pertama tanda setoran
2.     Buku tabungan
3.     Kartu identitas (KTP/SIM)
4.     Lembar kedua formulir pembukaan rekening


Flowchart


•   

Comments

Popular Posts