Flowchart
Tugas Pengantar Komputer & TI 2A
Flowchart kegiatan membuka rekening di Bank hingga menabung di Bank
Disusun Oleh :
Nadia Risnawati 24219615
Kelas 1EB01
Sebagai Pengumpulan Kuis Melalui V-Class.
Dosen
Bu Amelia Belinda Silviana
Fakultas Ekonomi
Jurusan Akuntansi
Universitas Gunadarma
Pendahuluan
Diagram Alur / Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya.
Saya Menjelaskan Urutan Pembukaan Rekening Tabungan secara Flowchart
Prosedure Pembukaan Rekening Tabungan
o
Calon nasabah datang ke Bank dan menghubungi Customer
Service
o
Customer
Service melayani calon nasabah dengan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:
1.
Memberikan penjelasan
yang bersifat penting atau brosur - brosur yang ada kepada calon nasabah
yang bersangkutan mengenai ketentuan tentang simpanan
2.
Setelah calon nasabah
memahami dan menyatakan kesediaannya untuk membuka rekening, selanjutnya Customer
Service meminta tanda bukti pengenal diri berupa KTP/SIM/Paspor asli
beserta fotokopi KTP/SIM/Paspor sebanyak 2 lembar
3.
Khusus untuk pembukaan
rekening badan usaha/group/yayasan maka calon nasabah harus menyertakan
fotokopi akte pendirian badan usaha tersebut
o
Selanjutnya Customer
Service menyiapkan formulir formulir berupa:
1.
Formulir aplikasi pembukaan rekening model
CIF 01-A,
APL-01 untuk diisi dan ditandatangani oleh calon nasabah sesuai dengan identitas diri masing masing
2. Formulir Data Nasabah memiliki fungsi untuk mengetahui data diri nasabah, jenis rekening yang akan dibuka, fasilitas yang tersedia akan dipergunakan atau tidak
3.
Kartu Contoh Tanda Tangan (KCTT)
4.
Formulir tanda setoran untuk setoran awal (slip penyetoran)
5.
Buku Tabungan
o
Calon nasabah selanjutnya dipersilahkan untuk mengisi dan
menandatangani atau cap jempol formulir tersebut, pengisian formulir ini dapat dibantu oleh
Customer Service.
o
Setelah formulir tersebut diisi dan ditandatangani atau dicap jempol oleh calon
nasabah, selanjutnya Customer Service melaksanakan hal hal sebagai berikut:
1.
Menginput data yang telah diisi oleh nasabah untuk mendapatkan nomor rekening bagi calon nasabah yang bersangkutan
2.
Setelah mendapatkan nomor rekening, dicatat kembali pada kartu sub buku besar
o
Customer
Service melanjutkan formulir yang telah dipersiapkan sebelumnya
kepada pejabat bank yang berwenang untuk meminta persetujuan pembukaan
rekening dan meng “approve” data
yang telah diinput oleh Customer Service sebagai tanda persetujuan
o
Pejabat bank menerima formulir formulir dari Customer
Service dan meneliti kebenaran pengisiannya apabila sudah benar pejabat bank menandatangani
formulir tersebut serta mengembalikan pada Customer
Service
o
Customer
Service menerima pengembalian formulir tersebut kemudian
menyerahkannya pada Teller
o
Teller menerima dan melakukan kegiatan antara lain:
1. Menerima tanda setoran dari Cusstomer
Service
2. Memanggil nasabah untuk menerima uang setoran
awal dari nasabah
3. Teller menghitung jumlah uang dan menimpan
uang tersebut dalam cash box
4. Mencatat transaksi tersebut ke dalam komputer
serta memvalidasi slip setoran dan mencetak pada buku tabungan serta
menandatangani slip setoran sebagai signer
5. Meneruskan tanda setoran pada Customer
Service
o
Customer
Service menandatangani semua
lembar setoran pada kolom yang tersedia kemudian mengembalikan lembar pertama
dan kedua tanda setoran kepada teller
o
Teller menyerahkan :
1.
Lembar pertama tanda
setoran
2.
Buku tabungan
3.
Kartu identitas
(KTP/SIM)
4.
Lembar kedua formulir
pembukaan rekening
Flowchart
•
Comments
Post a Comment